Di Balik Buka Bersama

 Assalamu'alaikum Guys.., kali ini mari kita bahas manfaat buka bersama di bulan Ramadhan.
 Buka bersama sudah menjadi budaya para masyarakat muslim di bulan Ramadhan, terutama bagi anak muda. Mereka berkumpul pada grup-grup tertentu sekaligus mengadakan acara yang bertepatan pada bulan Ramadhan.  Sebenarnya banyak manfaat yang bisa kita ambil dari buka bersama. Seperti halnya saling menjalin ukhuwah antara saudara, saling berbagi kepada sesama, membahas masalah tertentu, dan sebagainya.
   
   Yang pertama yaitu buka bersama dalam acara reuninan. Memang hal ini sering kali dilakukan para anak muda. Hanya sekedar berkumpul bertemu dengan kawan lama. Namun manfaatnya sangat besar sekali lho guys. Yeah... sebelum berbuka bersama bisanya mereka berbincang-bincang sebentar mengenai pengalaman mereka masing-masing. Saling bercanda, bersenda gurau. Eh... tapi ingat bincang-bincangnya ada batasnya. Jangan sekali-sekali membicarakan keburukan orang lain. Dan selalu berceritalah dengan landasan kebenaran, jangan mengada-ada. Hal itu dapat mengakibatkan puasa kita sia-sia dan hanya menerima rasa lapar dan dahaga yang tak bermanfaat.
       
Yang kedua adalah buka bersama dengan tujuan berbagi dengan sesama. Hal ini biasanya dilakukan oleh masyarakat yang berkecukupan membagikan sebagian rezekinya kepada orang-orang yang berhak, sebagai contoh mengadakan buka bersama dengan anak anak panti asuhan. Sungguh betapa besar pahala yang mereka terima, karena shodaqoh yang mereka berikan akan dilipatkan pahala yang mereka dapat dari Allah SWT. Sekaligus orang orang tersebut dapat meningkatkan kepedulian sosial dengan sesama.
   
     Yang terakhir adalah buka bersama untuk membahas masalah tertentu atau musyawarah. Hal ini biasanya diadakan oleh orang orang yang sibuk, organisasi tertentu, dan sebagainya. Karena dalam acara buka bersama biasanya partisipasi yang mengikuti rapat meningkat, apalagi kalau gratiiisan XD.. hahaha

Nah susunan acara buka bersama itu biasanya di awali dengan sambutan dari panitia yang mengadakan. Selanjutnya membahas tujuan diadakan buka bersama, Kemudian memasuki acara inti yaitu buka bersama :D  dan diakhiri dengan penutup. 
Ayo... adakan buka bersama dengan kawan kawan anda.., Insyaallah ukhuwah akan terjalin dan kebersamaan tetap akan terjaga. Jangan lupa ajak saya juga yak..., Sekian semoga bermanfaat Guys..

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
2 Responses
  1. Unknown Says:

    untuk renungan...


  2. Anonymous Says:

    Lanjutkan Gan...


Jangan lupa komennya Bro n Sis ^^